



Situasi pandemi COVID-19 diyakini telah meningkatkan jumlah penggemar di seluruh dunia terutama di AS dan Eropa yang terpapar konten K-pop di platform global seperti YouTube dan Twitter selama mereka berada di rumah saja.
Para pengamat juga memandang bahwa situasi pandemi telah mendorong para pecinta K-pop untuk membeli album lebih banyak daripada biasanya mengingat karena mereka tidak dapat menghadiri konser secara langsung.
Permintaan akan konser K-pop juga tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan, dengan jumlah penonton konser global mencapai 410.000 pada Mei. Pada bulan lalu, artis-artis K-pop seperti NCT 127 dan TVXQ mementaskan penampilan mereka di luar negeri.
“Jumlah total penonton konser K-pop di luar negeri diperkirakan mencapai 1,24 juta pada kuartal kedua tahun ini, atau sekitar 75 persen dari angka periode yang sama pada tahun pra-pandemi 2019. Prediksinya sekitar 61 persen dari Jepang dan 32 persen dari AS,” kata Hyundai Motor Securities. (Antara/ded)

