




Dalam programnya, OJK menyoroti pentingnya kemasan dan branding bagi UMKM lokal, khususnya komoditas unggulan seperti kopi.
Menurutnya, meski Palembang dikenal sebagai salah satu penghasil kopi, justru daerah lain yang lebih dikenal namanya di pasar.
“Kemasan itu sangat berpengaruh kuat. Kita di Palembang sebagai penghasil kopi, tapi justru daerah sebelah yang dikenal. Ini perlu kita dorong bersama agar kopi Palembang bisa lebih dikenal luas,” ujarnya.
Untuk Program Cerdas, OJK siap berkolaborasi dengan Program Sultan Muda milik Pemerintah Kota Palembang.
“Kami telah siapkan satu lantai khusus sebagai Sultan Muda Center. Disana tersedia booth camp, workshop, hingga ruang inkubasi yang bisa dikoordinasikan dengan Dinas Koperasi dan UMKM,” jelasnya.
OJK juga berencana mendukung penyelenggaraan kompetisi inkubasi bisnis bagi anak muda dengan konsep gedung terbuka yang telah mendapatkan sertifikasi Green Building Gold, ruang tersebut sangat memungkinkan menjadi pusat pelatihan kewirausahaan muda.
“Konsep open space kami memungkinkan berbagai kegiatan seperti pelatihan UMKM dan inkubasi bisnis yang sejalan dengan program Cerdas dari Pak Walikota,” tambahnya. HALAMAN SELANJUTNYA>>








